Tuesday, October 5, 2010

Berita baru : SBY batal ke Belanda gara-gara John Wattilete

sby ke belandaSeusai menghadiri perayaan HUT TNI yang ke 65, rencananya Presiden RI (SBY) akan bertolak ke Belanda tapi rencana tersebut batal. Pembatalan kunjungan Presiden tersebut dengan alasan keamanan dengan keterkaitan dengan tuntutan Presiden RMS John Wattilete yang menuntut di pengadilan Belanda atas pelanggaran HAM dan penganiayaan berat di Maluku.

Pemberitaan pembatalan tersebut menjadi hangat dibicarakan di Belanda, sebuah Radio Netherlands Worldwide mengangkat judul "Bezoek Yudhoyono aan Nederland plots geschrapt"

Duta besar Indonesia menyatakan ia sudah menghubungi Menteri Kehakiman Hirsh Balin dan Pemerintah Belanda. Menteri Kehakiman Belanda menyatakan tidak ada ancaman apapun terhadap Presiden SBY. Duta besar Habibie yakin Presiden Indonesia tidak akan ditangkap, namun vonis pengadilan secara psikologis tetap saja akan mengganggu hubungan kedua negara.

Sebelumnya, pengadilan di Den Haag akan mengadili tuntutan yang diajukan Presiden RMS tentang penangkapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Hal ini dikatakan seorang juru bicara pengadilan.

Untuk diketahui, John Wattilete menghendaki agar SBY ditangkap saat Presiden berkunjung di Belanda. Wattilete mengajukan gugatan terhadap pemerintah Belanda.

Sedianya, SBY dan Ibu Ani Yudhoyono akan berada di Belanda dalam rangka kunjungan kenegaraan sampai Jumat mendatang. Wattilete berpendapat pengadilan akan mengeluarkan putusan sebelum atau selama kunjungan berlangsung. Menurut Wattilete, Presiden Indonesia harus ditangkap karena pelanggaran HAM dan penganiayaan berat.

sumber : kompas.com

Lihat juga yang ini



No comments:

Post a Comment

komentarlah dengan sopan jangan spam..

Blog Gado Gado@2010. Powered by Blogger.