Informasi penerimaan CPNS Badan Meteorlogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tahun 2010, memberikan kesempatan kepada putra putri bangsa yang memiliki integritas dan komitmen tinggi untuk menjadi Pegawai BMKG melalui Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan II dan Golongan III.
Persyaratan / ketentuan melamar :
KETENTUAN MELAMAR
1. Warga Negara Indonesia;
2. Usia minimal 18 tahun pada tanggal 1 Desember 2010 maksimal 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2010;
3. Tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan Pengadilan Negeri yang mempunyai kekuatan hukum tetap, dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian;
4. Memiliki kartu pencari kerja (Kartu Kuning) yang dikeluarkan oleh Instansi yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan;
5. Berbadan sehat, dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani yang dikeluarkan oleh Dokter Pemerintah;
6. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/Calon anggota TNI/POLRI serta anggota TNI/POLRI atau diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat dari CPNS/PNS/Pegawai Swasta;
7. Berijazah D1, D3, S1, S2, dan S3 Non Kependidikan sesuai dengan kualifikasi pendidikan di atas :
* Untuk lulusan S2 dan S3 memiliki sertifikat TOEFL dengan nilai sekurang-kurangnya 500 sedangkan untuk S1 dengan nilai 450 yang dikeluarkan oleh lembaga resmi yang berbadan hukum;
* Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dalam skala 4 :
1. Untuk D1 dan D3 minimal 2,60
2. Untuk S1 minimal 3,00
3. Untuk S2 minimal 3,50
* Untuk lulusan S1, S2 dan S3 dalam negeri Ijazah terakreditasi A dan B pada Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi, bagi lulusan luar negeri harus mendapat pengesahan dari Ditjen Pendidikan Tinggi disertai dengan Konversi IPK ke dalam skala 4.
8. Bersedia ditempatkan di UPT BMKG seluruh wilayah NKRI sesuai formasi yang ada dengan menandatangani Surat Pernyataan.
9. Melampirkan Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Rumah Sakit Pemerintah.
C. KETENTUAN PENDAFTARAN
1. Penerimaan Surat Lamaran
a. Pendaftaran dibuka pada hari kerja mulai tanggal 25 Oktober sampai dengan 9 November 2010;
b. Surat Lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani sendiri oleh pelamar ditujukan kepada Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika u.p. Tim Penerimaan CPNS - BMKG dengan alamat Jl. Angkasa I No. 2, Kemayoran Jakarta Pusat;
c. Berkas Lamaran diajukan sendiri oleh peserta di tempat Lokasi Pendaftaran dengan melampirkan Formulir Pendaftaran yang dapat diunduh melalui website BMKG http://www.bmkg.go.id;
d. Bagi yang pernah mengajukan lamaran ke BMKG, agar mengulangi dan memperbaiki lamarannya sesuai dengan persyaratan dalam pengumuman ini;
e. Dalam lamaran harus menyebutkan jabatan yang dilamar.
2. Surat Lamaran dilengkapi dengan :
a. Pas Photo terbaru berwarna dengan ukuran 4x6 sebanyak 3 lembar (cantumkan nama di belakang);
b. Foto copy KTP yang masih berlaku;
c. Foto copy ijazah S3/S2/S1/D3/D1 sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan dan berikut transkrip yang sudah dilegalisir oleh Dekan/Ketua Sekolah Tinggi/Direktur dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional - Perguruan Tinggi (BAN-PT) ;
d. Untuk lulusan S1, S2, dan S3 melampirkan foto copy sertifikat TOEFL;
e. Foto copy Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu Kuning) yang masih berlaku dari instansi Tenaga Kerja;
f. Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani yang dikeluarkan oleh Dokter Pemerintah;
g. Foto copy Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Rumah Sakit Pemerintah;
h. Surat Pernyataan yang telah diisi dan ditandatangani di atas materai seperti terlampir.
3. Surat lamaran beserta lampiran disusun rapih dan disatukan dengan penjepit sesuai urutan ketentuan butir 2 di dalam map berwarna :
a. Warna coklat untuk S3
b. Warna kuning untuk S2
c. Warna biru untuk S1
d. Warna hijau untuk D3
e. Warna merah untuk D1
dengan mencantumkan nama, jurusan pendidikan dan jabatan yang dilamar pada sudut kiri atas map.
D. TAHAPAN DAN JADWAL SELEKSI Seleksi dilakukan secara bertahap dengan sistem gugur sebagai berikut :
1. Seleksi Administrasi pada saat pendaftaran
2. Seleksi Akademik terdiri dari materi (red : contoh soal ujian bisa dilihat di www.cpnsonline.com )
a. TKD (Tes Kompetensi Dasar) :
- TPU (Tes Pengetahuan Umum)
- TBS (Tes Bakat Skolastik) dan;
b. TKB (Tes Kompetensi Bidang)/Subtantif
- TSK (Tes Skala Kematangan)
3. Pelaksanaan Seleksi tertulis pada tanggal 11 November 2010.
4. Wawancara bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi pada butir 1 dan 2 akan dilaksanakan pada tanggal 22 November 2010.
5. Lokasi pelaksanaan seleksi.
6. Keputusan panitia bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
E. LAIN-LAIN
1. Nama peserta yang lulus seleksi akademik akan diumumkan melalui website BMKG http://www.bmkg.go.id dan pengumuman di lokasi seleksi;
2. Seleksi masuk CPNS BMKG tidak dipungut biaya;
3. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi wajib menunjukkan ijazah asli pendidikan terakhir untuk diteliti keabsahannya, dan menyerahkan :
a. Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku;
b. Asli Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Dokter Pemerintah yang masih berlaku;
c. Asli Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu Kuning) yang masih berlaku dari instansi yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerja;
d. Pas Photo terbaru berwarna dengan ukuran 4x6 sebanyak 5 lembar;
e. Surat pernyataan bersedia tidak pindah ke unit kerja yang ditetapkan/instansi lain, minimal 5 (lima) tahun terhitung sejak tanggal pengangkatan sebagai CPNS.
4. Apabila pelamar memberikan keterangan /data yang tidak benar baik pada setiap tahapan seleksi, maupun setelah menjadi CPNS/PNS, maka BMKG berhak membatalkan kelulusan tersebut dan atau memberhentikan sebagai CPNS/PNS di lingkungan BMKG.
Persyaratan / ketentuan melamar :
KETENTUAN MELAMAR
1. Warga Negara Indonesia;
2. Usia minimal 18 tahun pada tanggal 1 Desember 2010 maksimal 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2010;
3. Tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan Pengadilan Negeri yang mempunyai kekuatan hukum tetap, dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian;
4. Memiliki kartu pencari kerja (Kartu Kuning) yang dikeluarkan oleh Instansi yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan;
5. Berbadan sehat, dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani yang dikeluarkan oleh Dokter Pemerintah;
6. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/Calon anggota TNI/POLRI serta anggota TNI/POLRI atau diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat dari CPNS/PNS/Pegawai Swasta;
7. Berijazah D1, D3, S1, S2, dan S3 Non Kependidikan sesuai dengan kualifikasi pendidikan di atas :
* Untuk lulusan S2 dan S3 memiliki sertifikat TOEFL dengan nilai sekurang-kurangnya 500 sedangkan untuk S1 dengan nilai 450 yang dikeluarkan oleh lembaga resmi yang berbadan hukum;
* Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dalam skala 4 :
1. Untuk D1 dan D3 minimal 2,60
2. Untuk S1 minimal 3,00
3. Untuk S2 minimal 3,50
* Untuk lulusan S1, S2 dan S3 dalam negeri Ijazah terakreditasi A dan B pada Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi, bagi lulusan luar negeri harus mendapat pengesahan dari Ditjen Pendidikan Tinggi disertai dengan Konversi IPK ke dalam skala 4.
8. Bersedia ditempatkan di UPT BMKG seluruh wilayah NKRI sesuai formasi yang ada dengan menandatangani Surat Pernyataan.
9. Melampirkan Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Rumah Sakit Pemerintah.
C. KETENTUAN PENDAFTARAN
1. Penerimaan Surat Lamaran
a. Pendaftaran dibuka pada hari kerja mulai tanggal 25 Oktober sampai dengan 9 November 2010;
b. Surat Lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani sendiri oleh pelamar ditujukan kepada Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika u.p. Tim Penerimaan CPNS - BMKG dengan alamat Jl. Angkasa I No. 2, Kemayoran Jakarta Pusat;
c. Berkas Lamaran diajukan sendiri oleh peserta di tempat Lokasi Pendaftaran dengan melampirkan Formulir Pendaftaran yang dapat diunduh melalui website BMKG http://www.bmkg.go.id;
d. Bagi yang pernah mengajukan lamaran ke BMKG, agar mengulangi dan memperbaiki lamarannya sesuai dengan persyaratan dalam pengumuman ini;
e. Dalam lamaran harus menyebutkan jabatan yang dilamar.
2. Surat Lamaran dilengkapi dengan :
a. Pas Photo terbaru berwarna dengan ukuran 4x6 sebanyak 3 lembar (cantumkan nama di belakang);
b. Foto copy KTP yang masih berlaku;
c. Foto copy ijazah S3/S2/S1/D3/D1 sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan dan berikut transkrip yang sudah dilegalisir oleh Dekan/Ketua Sekolah Tinggi/Direktur dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional - Perguruan Tinggi (BAN-PT) ;
d. Untuk lulusan S1, S2, dan S3 melampirkan foto copy sertifikat TOEFL;
e. Foto copy Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu Kuning) yang masih berlaku dari instansi Tenaga Kerja;
f. Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani yang dikeluarkan oleh Dokter Pemerintah;
g. Foto copy Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Rumah Sakit Pemerintah;
h. Surat Pernyataan yang telah diisi dan ditandatangani di atas materai seperti terlampir.
3. Surat lamaran beserta lampiran disusun rapih dan disatukan dengan penjepit sesuai urutan ketentuan butir 2 di dalam map berwarna :
a. Warna coklat untuk S3
b. Warna kuning untuk S2
c. Warna biru untuk S1
d. Warna hijau untuk D3
e. Warna merah untuk D1
dengan mencantumkan nama, jurusan pendidikan dan jabatan yang dilamar pada sudut kiri atas map.
D. TAHAPAN DAN JADWAL SELEKSI Seleksi dilakukan secara bertahap dengan sistem gugur sebagai berikut :
1. Seleksi Administrasi pada saat pendaftaran
2. Seleksi Akademik terdiri dari materi (red : contoh soal ujian bisa dilihat di www.cpnsonline.com )
a. TKD (Tes Kompetensi Dasar) :
- TPU (Tes Pengetahuan Umum)
- TBS (Tes Bakat Skolastik) dan;
b. TKB (Tes Kompetensi Bidang)/Subtantif
- TSK (Tes Skala Kematangan)
3. Pelaksanaan Seleksi tertulis pada tanggal 11 November 2010.
4. Wawancara bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi pada butir 1 dan 2 akan dilaksanakan pada tanggal 22 November 2010.
5. Lokasi pelaksanaan seleksi.
6. Keputusan panitia bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
E. LAIN-LAIN
1. Nama peserta yang lulus seleksi akademik akan diumumkan melalui website BMKG http://www.bmkg.go.id dan pengumuman di lokasi seleksi;
2. Seleksi masuk CPNS BMKG tidak dipungut biaya;
3. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi wajib menunjukkan ijazah asli pendidikan terakhir untuk diteliti keabsahannya, dan menyerahkan :
a. Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku;
b. Asli Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Dokter Pemerintah yang masih berlaku;
c. Asli Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu Kuning) yang masih berlaku dari instansi yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerja;
d. Pas Photo terbaru berwarna dengan ukuran 4x6 sebanyak 5 lembar;
e. Surat pernyataan bersedia tidak pindah ke unit kerja yang ditetapkan/instansi lain, minimal 5 (lima) tahun terhitung sejak tanggal pengangkatan sebagai CPNS.
4. Apabila pelamar memberikan keterangan /data yang tidak benar baik pada setiap tahapan seleksi, maupun setelah menjadi CPNS/PNS, maka BMKG berhak membatalkan kelulusan tersebut dan atau memberhentikan sebagai CPNS/PNS di lingkungan BMKG.
No comments:
Post a Comment
komentarlah dengan sopan jangan spam..