Thursday, December 23, 2010

9 Cara Menurunkan Tekanan Darah

9 Cara menurunkan tekanan darah, berikut cara untuk menurunkan darah tinggi :

1. Pantau Tekanan Darah :
Bila anda sudah terkena hipertensi, maka sebaiknya membeli alat untuk memonitor tekanan darah, sehingga bila tekanan darah naik dan membahayakan bisa langsung dibawa atau dilakukan perawatan medis sedini mungkin.

2. Memulai program olah raga untuk menurunkan berat badan :
Setiap penurunan berat 1/2 kg,dapat menurunkan tensi 2 mmHg, jadi sangat baik untuk penderita hipertensi berat, jenis olah raga yang paling aman adalah jalan kaki, jogging, naik turun tangga, dansa aerobik, renang dan bersepeda.

3. Minum Obat :
Minum obat secara teratur, sebab kalau berhenti minum obat, tekanan darah bisa naik lebih tinggi daripada awalnya.

4. Menghindari makanan yang asin :
garam termasuk salah satu makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah, karena itu kurangi makan yang asin. Sumber garam yang kurang disadari adalah makanan beku, sayuran kaleng, bahkan obat maag/antasida.

5. Hindari konsumsi alkohol :
Alkohol mempunyai peranan dalam meningkatkan tekanan darah.

6. Berhenti merokok :
Merokok adalah pantangan paling utama untuk penderita hipertensi, karena nikotin yang terkandung dalam rokok dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah juga meningkatkan resiko untuk terkena stroke.


7. Makanlah pisang :
Pisang adalah buah yang banyak mengandung kalium, kalium dapat menurunkan tekanan darah, selain pisang kalium juga terkandung dalam kismis, susu, yoghurt, dan jus
jeruk.

8. Minyak tak jenuh ganda :
Beralih ke minyak tak jenuh dapat mengurangi tekanan darah sampai 10 mmHg.

9. Belajar santai :
Kadang pikiran dapat memicu terjadinya kenaikan tekanan darah,karena itu harus belajar berpikir santai, tetapi tetap serius dalam setiap masalah yang dihadapi.

Yang perlu diingat sering-seringlah berkonsultasi dengan dokter ahli, agar bisa menurunkan tekanan darah agar badan tetap fit selalu

sumber : kolomkesehatan.blogspot.com

Lihat juga yang ini



No comments:

Post a Comment

komentarlah dengan sopan jangan spam..

Blog Gado Gado@2010. Powered by Blogger.