Wednesday, December 1, 2010

Perut Buncit beresiko Osteoporosis

Apakah bentuk tubuh Anda menyerupai apel atau buah pir? Studi di Amerika Serikat menemukan, wanita kelebihan berat badan dengan bentuk tubuh menyerupai buah apel lebih rentan osteoporosis dibandingkan mereka yang memiliki tubuh berbentuk buah pir.

Seperti dikutip dari laman Times of India, wanita bertubuh apel umumnya memiliki timbunan lemak yang terkonsentrasi di sekitar perut. Sementara timbunan lemak wanita bertubuh buah pir terkonsentrasi di sekitar pinggul dan paha.

Peneliti melibatkan 50 partisipan wanita kelebihan berat badan, usia 40 tahun ke atas dengan indeks massa tubuh rata-rata 30. Selain memindai distribusi lemak dalam tubuh, peneliti juga mengukur kepadatan tulang dalam tubuh.

Mereka yang memiliki konsentrasi lemak di jaringan otot dalam perut memiliki kepadatan mineral tulang lebih rendah dibandingkan mereka yang memiliki konsentrasi lemak di area pinggul dan paha. Rendahnya kepadatan mineral tulang jelas menunjukkan gejala osteoporosis.

"Kita tahu bahwa obesitas memicu masalah kesehatan utama di masyarakat. Dan, sekarang kita tahu bahwa obesitas di perut perlu diperhatikan sebagai faktor resiko osteoporosis dan masalah tulang," kata Dr Miriam Bredella, radiolog di Massachusetts General Hospital sekaligus profesor asal Harvard Medical School, kepada Telegraph.

Bagi Anda yang memiliki masalah tubuh berbentuk buah apel tak perlu kecil hati. Riset Universitas Northwestern, Illinois, menemukan bahwa wanita dengan bentuk tubuh apel memiliki kemampuan dalam tes ketangkasan mental yang lebih baik daripada mereka yang memiliki bentuk tubuh buah pir.

Perut, buncit, Perut Buncit, Perut Buncit beresiko Osteoporosis

sumber : vivanews.com

Lihat juga yang ini



No comments:

Post a Comment

komentarlah dengan sopan jangan spam..

Blog Gado Gado@2010. Powered by Blogger.